jenis-jenis surat

Hasil gambar untuk foto surat






Apa sih surat, surat adalah salah satu sarana komunikasi tertulis untuk menyampaikan informasi dari satu pihak (orang, instansi, atau organisasi) kepada pihak lain (orang, instansi, atau organisasi).

banyak sekali jenis-jenis surat yang harus kita ketauhui agar kita mengirimkan informasi dengan surat yang tepat, jika kita bertujuan mengirim surat ke teman atau sanak saudara dengan surat resmi atau surat niaga pasti akan terlihat aneh atau tidak nyambung bukan.

Dilihat dari segi pemakaiannya, surat dapat di bedakan menjadi empat macam yaitu
a. surat pribadi
surat pribadi adalah surat yang ditulis untuk urusan pribadi

b. surat resmi/surat dinas
surat resmi adalah surat yang dikirim untuk kepentingan dinas atau instansi, untuk kepentingan tertentu.
c. surat niaga/bisnis
surat niaga adalah surat yang ditulis untuk hal-hal yang berhubungan dengan urusan perdagangan/ perniagaan.

Berdasarkan wujud surat, surat dapat dikelompokkan menjadi:
a. kartu pos
kartu pos adalah surat terbuka yang terbuat dari kertas berukuran 10 x 15 cm. lembaran kertas surat ini biasanya tebal sehingga berbentuk kartu. Kegunaan surat ini untuk menyampaikan berita yang singkat. Akan tetapi, pesan yang tertulis dapat diketahui oleh orang lain sebab berada pada halaman terbuka.
b. warkat pos
warkat pos adalah surat tertutup yang terbuat dari sehelai kertas. Surat seperti ini dapat dilipat menjadi menjadi amplop. Jadi, lembaran surat ini dapat dipakai sekaligus sebagai amplop. Kegunaan surat ini adalah untuk menyampaikan berita yang agak panjang dalam sehelai kertas, namun pesannya tidak layak untuk diketahui oleh orang lain. Lembaran surat jenis ini, biasanya, dijual di kantor pos.

c. Telegram
telegram disebut juga surat kawat. Telegram berisi pesan yang relative singkat. Surat ini dikirim dengan bantuan pesawat telegram. Surat ini akan sampai ke tangan penerima dalam waktu yang singkat. Jenis telegram terdiri atas telegram umum, telegram dinas, telegram kilat, dan telegram biasa. Jenis surat ini dapat dibuat di kantor pos atau warung telekomunikasi.

d. surat bersampul
surat bersampul adalah surat yang dikirim kepada seseorang dengan menggunakan sampul surat. Berita yang dikirimkan dengan surat bersampul ini biasanya, berpesan panjang dan tidak layak diketahui oleh pihak lain. Isi surat dapat menyangkut rahasia seseorang yang tidak boleh diketahui oleh orang lain surat bersampul memiliki kelebihan dibandingkan dengan surat jenis lain, yaitu:
1) lebih terjamin kerahasiaan isinya
2) lebih leluasa dalam menulis isi surat
3) lebih santun dalam penggunaan bahasa

Berdasarkan kepentingan penyelesaiannya atau penyampaiannya kepada yang dituju, surat dapat dibedakan antara lain atas sebagai berikut.

a. surat kilat
surat kilat adalah surat yang pesannya harus dapat disampaikan kepada penerima surat secepat mungkin. Tanggapan yang diharapkan dari surat tersebut pun perlu dilakukan dengan cepat.

b. surat segera
pesan dalam jenis surat ini perlu segera disampaikan kepada penerima surat, tetapi tidak harus dikerjakan atau ditanggapi dengan cepat seperti surat kilat.

c. surat biasa
jenis surat ini, baik cara pembuatan atau pengirimannya, tidak harus diprioritaskan seperti kedua jenis surat di atas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian bottleneck,collision, dan masalah jaringan lainnya

4 yonko di anime one piece